Rabu, 12 Maret 2014

Structural Equation Modeling Training

 SMART Consulting, 1 April 2014

 Description

Permasalahan yang ada dalam bidang ekonomi, sosial, psikologi, dan beberapa bidang ilmu lainnya tidak selamanya dapat dihitung secara matematis. Teori dan model dalam bidang ilmu tersebut pada umumnya diformulasikan menggunakan konsep-konsep teoritis atau konstruk-konstruk yang tidak dapat diukur atau diamati secara langsung. Meskipun demikian, kita masih bisa menemukan beberapa indikator atau gejala yang dapat digunakan untuk mempelajari konsep-konsep teoritis tersebut.
Adalah SEM (Structural Equation Modeling) merupakan model analisa sebab akibat yang dapat menampilkan model secara komprehensip bersamaan dengan kemampuan untuk mengkonfirmasi dimensi atau faktor dari sebuah konsep yang diujikan melalui indikator-indikator empiris. Analisa SEM merupakan kombinasi dari analisa faktor (Confirmatory Factor Analysis), analisa jalur (Path Analysis) dan analisa regresi. Kemampuannya yang dapat menganalisa model yang rumit menjadikan SEM banyak digunakan diberbagai bidang aplikasi. Umumnya analisa SEM digunakan untuk menguji sebuah konsep teoritis/melakukan confirmasi terhadap sebuah konsep teoritis.

Materi Training Structural Equation Modeling

1.      Konsep Dasar Penggunaan SEM
2.      Variabel laten
3.      Variabel teramati
4.      Model struktural
5.      Model pengukuran
6.      Notasi SEM
7.      Bentuk umum SEM (full atau hybrid model)
8.      Path model
9.      Confirmatory Factor Analysis (CFA)
10.  Explanatory Factor Analysis (EFA)
11.  Reflectif vs formatif
12.  Second order CFA (2nd CFA)
13.  Direct, indirect dan total effect
14.  Tahapan dalam prosedur SEM
15.  Spesifikasi model
16.  Identifikasi
17.  Estimasi
18.  Uji kecocokan model pengukuran
19.  Uji kecocokan model struktural
20.  One step vs two step approach
21.  Jenis Analisa Korelasi dalam SEM
22.  Validitas dan Reliabilitas dalam SEM
23.  SEM untuk data ordinal
24.  Contoh riset dengan SEM
25.  Diskusi & Konsultasi

Benefit
SEM dapat digunakan untuk mengukur variabel-variabel yang pada hakikatnya tidak dapat terukur sehingga memerlukan indikator-indikator sebagai alat ukurnya. Dalam praktiknya, pada umumnya SEM dapat digunakan dalam beberapa aspek.
Dalam ilmu manajemen SEM dapat digunakan untuk:
1.      Untuk mengukur kinerja karyawan
2.      Untuk mengukur kepuasan kerja karyawan
3.      Untuk mengukur motivasi
4.      Untuk mengukur komitmen
5.      Untuk mengukur Quality work of life karyawan
6.      Untuk mengukur perilaku
7.      Untuk mengukur kompetensi kerja
8.      Untuk mengukur budaya organisasi
9.      Untuk mengukur gaya kepemimpinan
10.  Dsb
Selain dapat digunakan dalam ilmu manajemen, baik itu manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, manajemen akuntansi, maanjemen kinerja, dan sebagainya, SEM juga dapat digunakan dalam ilmu marketing, psikologi, perilaku, budaya, sosial, ekonomi, politik dan sebagainya.

TARGET PESERTA

Dosen, peneliti, dan mereka yang tertarik, khususnya di bidang ekonomi, psikologi, pendidikan, sosiologi, dan ilmu sosial lainnya, Direksi Perusahaan/Industri, manajer dan para pejabat terkait, CEO, CFO, CMO, CCO, Divisi riset dan development, para pengambil keputusan, dll. 


PROFIL TRAINER

Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Penulis buku “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam”, Dosen pada beberapa kampus swasta, Trainer dan pembicara metodologi penelitian)

Aam Slamet Rusydiana, SEI (Konsultan dan peneliti pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, Penulis buku, Pembicara pada training-training metodologi di beberapa kampus negeri dan swasta, Pembicara pada seminar dan konferensi ekonomi Islam, baik nasional maupun tingkat internasional)


FASILITAS
Modul Training, Software LISREL., Buku “Structural Equation Modeling, 40+ Materi-materi (Paper) penting tentang SEM, Ruang training ber-AC, Lunch, Sertifikat.

INVESTASI

Rp 1.750.000,-/orang (sudah termasuk pajak)

  
Website: www.konsultan-smart.com
Info: 08816169315


Peserta yang telah mengikuti training2 oleh tim SMART Consulting:
- Bank BSM
- Bank BTNS
- Bank BJB
- Diskopperindag Jabar
- Universitas Trisakti
- Universitas Indonesia
- Universitas Padjajaran
- IPB
- STEI Tazkia
- STEI SEBI
- Universitas Ibn Khaldun
- UNJ
- UIN Jakarta
- Universitas Islam Bandung
- Universitas Siliwangi
- Undip
- UPI

1 komentar:

  1. NEW STATA BOOK

    DEAR COLLEAGUES AND FRIENDS,

    SAYA INGIN MENGINFORMASIKAN BAHWA TELAH TERBIT BUKU BARU YANG BERJUDUL “APLIKASI ANALISIS DATA STATISTIK UNTUK ILMU SOSIAL SAINS DENGAN STATA” BUKU INI TERDIRI DARI DUA VOLUME, YAITU UNTUK VOLUME 1 MEMBAHAS TENTANG ANALISIS UNIVARIAT, MULTIVARIAT, PARAMETRIK DAN NON-PARAMETRIK SERTA SAMPLING, POPULASI, VALIDITAS, RELIABILITAS DAN SEBAGAINYA (BUKUNYA SUDAH TERBIT SAAT INI DAN DAFTAR ISINYA DAPAT DILIHAT PADA ATTACH FILE) DAN VOLUME 2 AKAN MEMBAHAS TENTANG SEM, BAYESIAN DAN MULTILEVEL MODELING (SEDANG DI PROSES). BAGI YANG BELUM MENGENAL PROGRAM STATA, PERLU DIKETAHUI BAHWA STATA MERUPAKAN PROGRAM STATISTIK YANG SANGAT LENGKAP DAN POWERFUL. MENGAPA? KARENA SELAIN MENYEDIAKAN FITUR ANALISIS MULTIVARIAT YANG KOMPLIT, STATA JUGA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SEM, BAYESIAN, MULTILEVEL MODELING DAN BAHKAN FITUR TIME-SERIES NYA ITU SERUPA DENGAN EVIEWS. STATA JUGA SUDAH TERINTEGRASI DENGAN R PEKCAGES DAN MEMPUNYAI TAMPILAN GRAFIK YANG LUAR BIASA. BUKU INI DITULIS DENGAN TUJUAN UNTUK MENGISI KEKOSONGAN LITERATUR BUKU STATA YANG ADA DI INDOENSIA DAN DILUAR NEGERI PROGRAM STATA SANGAT POPULAR DIGUNAKAN DI BERBAGAI UNIVERSITAS TERNAMA. ISI DARI BUKU INI JUGA SUDAH DIBUAT DENGAN STANDAR KUALITAS YANG TINGGI SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT MENJADI PEGANGAN BAGI PARA PENELITI, MAHASISWA MAUPUN DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH STATISTIK. TUNGGU APA LAGI UNTUK MEMILIKI BUKU INI? SEGERA HUBUNGI hengkylatan@yahoo.com. Thanks

    Catatan: Anda akan mendapat kejutan jika membeli dari Saya langsung bukunya

    BalasHapus